Friday, July 6, 2018

Pengalaman Rekrutmen PT. Paragon Technology and Innovation

Assalamualaikum guys, welcome back to my channel blog after a long long looooong time. Disini aku bakal ceritain pengalaman aku ikut rekrutmen di PT. Paragon Technology and Innovation atau lebih enak bilangnya PT. PTI kaliyak muehehehe. 

Nah, kayaknya yang mampir ke blog aku pasti udah taulah ya kalo PTI perusahaan apa? ya pasti udah taulah, kalian kan nyasar kesini karena uda ngelamar di PTI. Yagakseeh yagakseeh.
Lanjut, aku tau pembukaan loker Paragaon dari temen, kebetulan beberapa bulan lalu PTI lagi buka rekrutmen khusus anak USU semester akhir dan alumninya, ya kayak Campus Hiring gitu. Mereka buat pendaftaran via link khusus gitu, dan ntar yang memenuhi persyaratan bakal diundang ikut testing. Sebelum acara testing, mereka ngadain acara yang so fancy gitu nama acaranya 'Latte Time' dimana acara tersebut bertujuan untuk mengenalkan apasih PTI itu, dan gimana sih jobdesk dari kerjaan tersebut? jadi biar kita tau posisi apa yang mau kita lamar dan sesuai dengan passion kita.
Oke deh sebelum tambah bacot, aku bakal ceritain proses rekrutmen yang aku jalanin di perusahaan impianku ini, walaupun sampe detik ini aku belum keterima aka masi nunggu hasil interview user, sooo here we go baby!

#1 Tes Psikotes Awal (9 Mei 2018)
aku dapet sms dari PTI yang bilang kalo aku diundang buat ngikutin proses rekrutmen PTI tahap awal di Fak. MIPA USU. Disini kami dapet kayak jadwal shift gitu, saking banyaknya yang ngelamar ke PTI kemaren, jadi ruangan yang tersedia ga cukup. Aku dapet shift yang jam 10 pagi, dan aku udah nyampe sana jam 09.30 which is aku kira bakalan nunggu setengah jam doang. eh ternyata ngga guys, delay. pas aku baru datang, proses testing shift sebelumnya belum siap. alhasil delay sampe jam 11.30, dan shift sebelumnya langsung diumumin, siapa yang lanjut. Yang gak lolos, langsung gugur alias gabisa mengikuti tahap selanjutnya.
Nah, disini awalnya langsung TES KORAN cuy. Tapi yang PAULI (dari atas ke bawah, sistem garis). Bayangin deh, memulai tes dengan tes koran, sedep gak idup lo? langsung mumet dah dibuat angka manis itu. tapi ya kunci tes koran kalo menurut aku yang penting kita stabil aja guys, gausah geger gara gara temen sebelah kita udah bolak balik halaman, gausa terpengaruh deh sama orang lain, konsentrasi penuh. itu kuncinya.
akhirnya setelah tes koran, kami disuruh keluar untuk solat, makan, dan disuruh balik sekitar jam 2. setelah jam 2, nama nama yang lolos ke tahap selanjutnya di tempelin di depan pintu dan itu beneran sedikit banget guysss , tapi alhamdulillah aku lulus dan lanjut ke psikotes lainnya yaitu kayak tes verbal, terus ada matematika dasar, persamaan kata yang kayak hubungan hubungan kata gitu deh, terus kayak tes pola gambar, ya gitu dah. dan kalo menurut aku sendiri, tesnya ga bisa dianggap remeh deh serius. beneran dah PTI juara.
setelah melewati tahap tersebut, HRD nya bilang kalo pengumumannya besok pagi via instagram @paragon,medan, dan akhirnya aku pulang..

#2 Psikotes Lengkap (11 Mei 2018)
setelah berhasil melewati tahap pertama, ternyata nama ikeh termasuk yang lolos ke tahap selanjutnya. Alhamdulillah..tetep bersyukur walaupun cuma satu tahap hehe.. dan di tahap ini beneran menguras pikiran dan tenaga.. dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore guys.. pertama kaya tes kepribadian yang jawab A atau B itu (apasih namanya gatau) itu ga ada benar atau salah ya guys, karena memang pure untuk nilai kepribadian kita, jadi gausa jadi orang lain.. jawab aja yang paling cocok sama kamu. karena gatau ya guys, kayanya PTI punya kriteria yang ga biasa gitu kalo menurut aku hehehe, so intinya be yourself yaa.
setelah selesai tes A dan B itu, lanjut ke tes gambar Wartegg (yang 8 kotak dengan potongan gambar kecil, kita harus bisa nyempurnain gambar tersebut), terus Draw a Person, terus Draw a Tree. 
selesai masalah gambar gambaran, selanjutnya interview tertulis which is banyaaaaaaak banget yang harus diisi sampai qhu lelah baghai qhuda. ingat, jadilah diri sendiri dalam ngejawab ini. toh pertanyaannya seputar kamu, keluarga kamu, kegiatan kamu dan kelebihan kekurangan kamu. lagi lagi, be yourself aja yaa.
akhirnya proses psikotes lengkap selesai, kalo gasalah cuma 11 orang yang ikutan dari beribu-ribu pendaftar awal. alhamdulillah.. pengumumannya paling lama 1 bulan setelah hari itu..dan q sabar menunggu haha.

#3 Wawancara User
nah, sebenernya ini rada pait cuy. tau gak paitnya kenapa? aku nungguin pengumuman ini sampe hampir 2 BULAN !!! gak sesuai janji PTI awalnya yang bilang 1 bulan. aku mah disini uda hopeless, gak berharap lagi karena uda ngerasa mungkin belum rejeki, walopun aku pengen banget jadi paragonian. aku ditelfon tanggal 2 Juli 2018, pagi hari. Yang nelfon namanya Mba Sri Utami, HCO dari PTI. Nah disini aku disuruh kirim scan KTP ke mba Sri via email, dan kalian tau guyssss, aku diundang interview user di JAKARTA! Norak gak sih aku? emang IYA! wkwkwk. soalnya aku belum pernah naik pesawat sekalipun dan belum pernah ke jakarta, ya maklum agak kampungan hehe. dan kalian tau? ongkos PP dibayarin 100% sama PTI. gila ga sih? perusahaan mana yang dalam proses REKRUT uda berani bayar bayarin kita? that makes me love Paragon moreeeeeee.
Tanggal 4 Juli aku berangkat dari KNO Medan pukul 18.10 dengan Citilink, nyampe di jakarta jam 9 kurang lah, dijemput sama Paman aku. dan lumayan jauh dari Soetta ke Ulujami. paman aku ngajak makan dulu, setelah itu nganter ke Ulujami jam 11 an, di mess yang disedian Paragon, deket sama kantornya PTI. fyi ya guys, lokasi PTI tuh beneran unik, gak gedung2 pencakar langit gitu, lokasinya aja deket sama rumah warga, tapi suasananya adeem asik tenang gitu.. huuu i fall in love lagi sama perusahaan ini.
Besoknya aku interview jam 8 pagi di gedung abu PTI, yang ngeinterview dua kakak cantik dari HCO PTI. disitu banyak banget yang ditanyain, seputar keluarga, kegiatan sehari hari, sifat kita yang berkaitan dengan posisi yang kita lamar, terus hubungan kita dengan teman, banyak deh. intinya seputar diri kita dan kegiatan kita lah. disitu memakan waktu kurleb 1 jam.. setelah itu aku nanya kapan pengumumannya.. paling lama 2 minggu.. dan sekarang aku lagi nunggu deh.. doain ya guys semoga lolos ke tahap terakhir yaaa..ntar aku update lagii.. 

makasi ya udah mau baca pengalaman aku, semoga bermanfaat.. dan fyi yang lolos dari medan untuk interview user itu cuma 2 orang..beneran sedikit banget kan..

#UPDATE 28/09/2018
HAYYYY GUYSSSS AKU LUPA UPDATE LAGI WKWKWK!!!
Alhamdulilah...ini uda masuk bulan ke DUA aku kerja di PARAGON yeayyyy #bahagia. dan yang lebih buat bahagia adalah hari ini gajiaaaaaan cuy!!

Aku mau cerita nih, aku kan interview tanggal 5 Juli 2018.. dan setelah balik ke Medan (which is tiket dibayarin juga sama paragon), aku tuh nunggu pengumuman dengan hati ga karuan. kaya mikir, "kalo aku ga lolos lagi, gimana nasib aku kedepannya ya Allah? apa emang se susah ini cari kerja?" jujur perasaan ini bayanginnya aja udah sediiiiiiih banget hiks.

Dan akhirnya ketika tanggal 10 Juli 2018 tiba..

Aku buka buka email (kerjaan pengangguran, nungguin balasan email dari perusahaan wwkkwkw) DAN...

muncul subject dengan bacaan <OFFERING> dan aku tau tuh dari pengalaman orang di blog lain, kalau paragon udah ngirimin subject email kegitu, that means mereka udah nerima kita!!!!

Demi Allah rasanya jantung akutuh berdegup kencang, kalah deh rasanya jatuh cinta!

Di email tersebut kita dijelasin jam kerja, gaji, bonus yang kita terima dan itu WORTH banget buat kita yang masih freshgraduate ini.

Gangerti lagi,

Ga paham lagi,


Allah sebaik ini, mengirimkan Paragon yang sebaik ini buat aku.

Dan alhamdulillah aku keterima jadi Human Capital Officer di perusahaan idolaku ini.

Satu kesimpulan yang aku dapet dari pengalaman aku ini, kalau sabar, usaha dan doa gak akan pernah mengkhianati kita. Sesenang itu aku tuh disini, dan gaterasa uda dua bulan lebih aja disini.

Terimakasih ya Allah..


Udah dulu ya temen temen, buat yang masih berusaha, tetep berdoa yah.. semua akan datang di waktu yang tepat kok..

Byeee...

162 comments:

  1. Replies
    1. hallo denomi, alhamdulillah lulus hehhehhe maaf yah baru bales :)

      Delete
    2. kaq mau nanya, kalo udah keterima nanti lama kontrak kerjanya berapa lama yah? terima kasih

      Delete
  2. ka pt paragon itu ada buat BA emina nya kn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka kalo saya baru test tahap 1 udh 2 mggu blm dkabarin apakah positip tidak lulus? Dari pragon sndiri jika tidak lulus apakah dikabarkan juga atau yg lulus saja ya yg dkabarkan?

      Delete
  3. Hallo kak mau tanya, jadi tahapan yang kakak lewatin itu psikotest- interview user- langsung ditawarin offering kak? Karna aku baca blog orang beda beda ya tahapannya, ada yang pake tahap interview psikolog dan juga interview direksi. Mohon penjelasan detail kalau ada yang kurang, karna nanti aku mau interview psikolog:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk PLDP , ada yang pake interview psikolog dan interview user.. berhubung karena aku PLDP HCO jadinya untuk psikolog dan user di wawancara oleh interviewer yang sama, karena sejalan..

      kalo finance, biasanya diwawancarai oleh anak finance, dan anak HCO :)

      Delete
  4. wah mantap, bermanfaat bgt, mkasih bnyak
    boleh minta tolong di share kak stelah kerja posisi HCO PLDP di PT.Paragon tuh sperti apa / gmn? Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau HCO yah sebagai jembatan antara karyawan dan pihak perusahaan.. pendengar.. juga mengurus administrasi personel, talent personel.. yah banyak lagi. intinya happy di perusahaan ini :)

      Delete
  5. Wah mba senang membaca ulasan mba ini. Kalau saya kebetulan besok jumat interview user, sekiranya saya bisa tahu ngga sih mba teman yg juga diundang interview user? Kebetulan saya dari jogja, maksudnya biar bisa janjian gitu. Terima kasih mba bila berkenan menjawab ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dear maaf yah baru buka blog. gimana interviewnya? lancar kah?

      Delete
  6. Salam kenal mbak Rizka.....saya jg baru diterima di Paragon DC Medan di bulan Oktober 2018 ini, dan prosesnya memang lama, saya masukkan lamaran sejak Juli 2018...hehe

    Saya ambil Operational Staff nya Aja, Krn dipikiran saya yg penting masuk aja deh dulu...dan Alhamdulillah diterima dan saya ditempatkan di Siantar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disiantar ada cabangnya ya mbak?

      Delete
    2. wah di siantar? saya belum tau ada DC di siantar.. apa marketing aja kaliya?

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Halo mba Rizka. Kalo boleh tau mba di tempatkan di mana ya? Itu beneran dibayarin mba. Wah alhamdulillah sekali ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya penempatan banda aceh :)

      Delete
    2. Hai mba, mau tanya, untuk penempatan apakah bisa dinegosiasi dengan Paragon, misal karena keadaan salah satu orangtua yang sakit sehingga harus kerja di area pulau jawa. Terimakasih mba.

      Delete
  9. Mb mau tanya kalau misalkan lamar d bagian driver sama tes psikotesnya? Solanya suami saya bsk intervie

    ReplyDelete
  10. Halo mb, salam kenal ya. Pertama mau ucapin many thanks karena telah membuat tulisan informatif ini terutama untuk saya ini yg sedang menjalani proses rekrutmen di PTI :) Alhamdulillah sekali kemarin baru aja dapet kabar via sms kalau kepanggil interview user di Jaksel. Btw aku melamar di posisi PLDP Promotions, tapi kenapa tahapan masing2 orang yg tulis di blog nya beda2 yah? Terus apa bener ada mess nya? Karena rencana akan ditemani ibu saya sih selama proses di Jakarta itu karena tidak ada sodara disana, dan kebetulan teman pun lokasinya sangat jauh. Semoga bisa direspon ya mb, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda beda mungkin krna divisi nya beda beda sayang. Iya hehe ada mess kok tapi biasanya untuk peserta aja.. maaf ya baru bls.. btw kamu lulus ngga? Salam kenal :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hallo mba, mba saya hari senin ada panggilan untuk tes pertama tpi alamat untuk tes nya di salah satu ruko yg ada di bogor utara, apa benar mba klo pt paragon tes nya tdk lngsung di pt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya syg. Kalo tes awal biasanya di kota masing masing kok

      Delete
  13. Halo mbak. Apa posisi yang kita ambil bisa tidak nantinya berubah oleh pertimbangan perusahaan ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa syg. Karena semuanya tergantung hasil interview kita nantinya. Saya sendiri awalnya melamar CDO tapi jadi HCO :)

      Delete
  14. Assalamualaikum kak, senang bgt rasanya bca pnglaman kaka. Bln ini sya mau ikut tes PTI nanti yg diadakan di banda aceh. Kira kira utk lulusan SMK bisa kalah saing gak kak sama yg lulusan S1 di tes PTI nanti ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kamu di banda ya? Saya sekarang Hco di banda. Tergantung posisi yg kamu ambil dear, kalau pldp harus d3 dan s1 :)

      Delete
    2. Iyaa kak, saya memang asli orang banda aceh. Sya ambil posisi administrasi dan tes nya akan di lakukan nnti siang di aula SMK 1 Banda kak. Doakan sya kak smoga bisa mnjdi bagian PT PARAGON sprti kaka :)

      Delete
    3. Waaah amiiinnn ! Semoga lolos yaa sayang :)

      Delete
    4. Amiinnn, btw kak utk yg udh lolos kyak kakak itu jdi pegawai kontrak aja atau bisa jadi pegawai tetap ?

      Delete
    5. Kita pkwt dulu dear, krna dimana mana even di bumn sekalipun ga ada yg langsung kartap :)

      Delete
    6. Haii kk. Untuk adm ituu thap awal tes ny gmn kak

      Delete
  15. Seneng banget baca cerita inii, ikut seneng gitu wkwk.. Mba kalau boleh tau, ini pengalaman pertama mba kah ikut tes pti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah trimakasih udah mau baca cerita akuyaaah ! Iya dear, aku pertama kali nih testing paragon heheh alhamdulilaaah :)

      Delete
  16. Masih kamis besok mb Interview Usernya. Mbak aku bisa hubungi personal kemana ya? Hehe thanks..

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Salam kenal Mba Rizka, alhamdulillah bermanfaat mba setidaknya ada gambaran lah soalnya saya juga dapat panggilan untuk PTI, tpi mba rizka itu tesnya jangka waktunya lama ya ? Soalnya saaya besok tes ada yang dapet jam set7, 9, 11, set 1. Kemungkinan tes koran dulu apa bisa jadi dengan tes lainnya

    ReplyDelete
  19. Salam kenal kak Rizka:) alhamdulillah aku udah mengikuti bberapa tes paragon dan tadi pagi sudah interview dan jum'at nanti disuruh training. Tapi aku masih bingung dipengumuman itu nama aku tertera di kolom LOLOS INTERVIEW SCM. Aku udah searching SCM itu apa tapi tetap aku gak paham. Tolong jelasin dong kak maksudnya SCM itu apa ya ? Sama MAI ? terimakasih:)

    ReplyDelete
  20. kak gaji di pt paragoon berapa kalo masuk lewat program MT kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah.. ini confidential sih hehe yang penting gajinya sebulan cukuplah buat kamu jalan jalan malaysia singapura sampe thailand hehehe

      Delete
  21. Assalamualaikum hallo, trimakasih ka tlah mnlis artikel yng sangat informatif mngenai PTI, yg insa allah aku hari rabu ada tes pertama, smga keberuntungan nya sma kya kk,
    dan aku mau tnya ka, krna kondsi saat ini aku mahasiswa tingkat akhir, apakah nantinya sya masi bsa berkarir di PTI smpai msa prkuliahn sya slesai?

    ReplyDelete
  22. Hi mb! Alhamdulillah aku loloss.. dan masuk jd paragonian per Januari besok. Bagi kontak wa boleh ga nih hehe.

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum kak..Mau tanya..Kalo bedanya PLDP sama MT di Paragon apa ya kak??

    ReplyDelete
  24. Wahh terimakasih buat pengalamannya kak, baguss. Kak bisa minta kontak ga? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat yah mba.. 0895 6118 59611 itu yaa

      Delete
    2. Kak aku coba wa ke nomer kakak kok centang ya. Mau tanya2 kalo boleh. Hehe

      Delete
  25. Kak mau tanya dong,di Paragon ada tes mcu gak? Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Seneng banget baca pengalaman kakak. Doain yah kak minggu kemaren udah tes psikotes dan sekarang lagi nunggu hasil tes psikotes kak.

    ReplyDelete
  27. Asalamualaikum kakak paragonian, kak minta kisi" dong tes awal di paragon kya gmana ya? Soalnya besok mau tes awal ni.. Hhhehe

    ReplyDelete
  28. Wahh makasih Kak atas sharingnyaa :)) mau tanya dan minta saran hehe.. Saya kuliah di jurusan pekerjaan sosial yg belajarnya banyak ttg sosiologi dan psikologi. Tp setelah saya ikut talents mapping ternyata personal branding saya yaitu evaluator, analyst, treasure, explorer dan safekeeper. Menurut kakak saya mending ambil posisi sbg HCM atau audit internal ya? (Keduanya tertulis kualifikasi semua jurusan).. Sebelumnya terimakaish kak :))

    ReplyDelete
  29. Aku dapat sms dri paragon, btw apakah paragon menerima karyawan cowok, krn berhubung aq jg cowok dan biasanya di tempatkan d posisi mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry ikut nimbrung, kebetulan lagi searching ketemu blog mba rizka hehe. Saya cowok, kerja di PT Paragon mas, banyak cowoknya kok, walau emang dominan cewek, untuk karyawan mayoritas cowok biasanya ada di logistik (kebetulan saya di bagian ini) yang lainnya ada di IT, audir juga ada, finance, admin marketing dll. Sesuai lowongan kerja yang mas apply

      Delete
    2. mas kalau logistik pekrjaan nya gimana yah ?

      Delete
  30. makasi buat cerita ya ka, betul bangat ni, mau nnyak ka untuk tes awal itu kan di sms, saya di sms dgan kontak PARAGON ya lgsung, tpi kmren waktu ngisi form katanya hanya melalui ada 2 no telpon di kasih tau,kira2 gmna ya ka ,apa itu resmi arau gmn ?? kebetulan masih tes awal di medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba.. Gmna tesnya mba? Oia kemaren melamar sebagai apa dan daftar onlinye yg bln brpa ya? Makasi

      Delete
  31. Makasih banyak ka infonyaaa. Aku boleh follow kaka di instagram gak? Kalo boleh user ig kaka apa ya? Makasihbbb

    ReplyDelete
  32. Mau nanya dong kak, sesampainya di jakarta kita cari penginapan sendiri atau gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesampai di jakarta dikasi nginep di salah satu mess paragon ya dear

      Delete
  33. Cerita yang sangat menginspirasi, Terima kasih kak atas motivasinya.

    ReplyDelete
  34. Hallo kak, mau tanya dong.. kemaren aku di sms dari PTI kalau aku lulus dan tunggu info tranining dan penandatanganan kontrak. Tapi udah hampir 2 minggu blm ada kabar. Memang proses nya agak lama atau gimana ya kak ? Aku harap2 cemas juga nih 😂

    ReplyDelete
  35. Ulasan dan informasi yg sangat bermanfaat dan informatif, terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaikum ka rizka selamat malam. ka rizka mau nanya dong

    ReplyDelete
  37. Haloo kak mau nanya dong besok aku test psikotest pertama ,kira²kalo tamatan smk ditempatkan di bagian apa ya kak??

    ReplyDelete
  38. Halo kak mau tanya, kalau sudah interview user kirakira pengumumannya maksimal berapa lama ya? dan berpeluang diterima gak kak?

    ReplyDelete
  39. Halo kak mau tanya, kalau sudah interview user kirakira pengumumannya maksimal berapa lama ya? dan berpeluang diterima gak kak?

    ReplyDelete
  40. Halo kak mau tanya, kalau sudah interview user kirakira pengumumannya maksimal berapa lama ya? dan berpeluang diterima gak kak?

    ReplyDelete
  41. Ka mau tanya. Kalo fresh graduatenya kaya SMK gitu apa tes nya tetap sama ka? Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya mbak. Sangat menginspirasi.
    Jd sya mau tanya mbak, sya prtma kli lulus di tes sma. Jd apakah tesny melanjutkan atau tes ulang seperti tahapan yang mbak rizka ceritakan

    ReplyDelete
  43. Mau tanya emba, untuk MT dan PLDP ada batas umurnya tidak ?

    ReplyDelete
  44. Assalamulaikum
    ka mau tanya di PTI sistemnya kontrak atau gimana?

    makasih ya kak

    ReplyDelete
  45. Besok aku tes di di PT Paragon tanggal 24/6/2019... Thanks for this information, wish me luck ! 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai maaf join, aku jg test psikotest di PT PTI tgl 22/6/19.. disuruh tunggu pengumuman sebulan setelahnya untuk lanjut tahap interview. Boleh minta nomor whatsapp km? Buat tanya kabar aja jika ada tlp dr PTI , krn jangka waktu test kita berdekatan. Thx

      Delete
  46. ka aku besok ada panggilan psikotes tahap 1, jujur aja aku masih bingung karna salah satu harus bawa scan barcode di print di A5 dengan nama rekrutmen, dan pesaan. nah pesan nya itu yg nggak aku ngerti ka. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  47. Ada ikatan dinas, tahan ijazah dan pinalti?

    ReplyDelete
  48. Assalamu'alaikum kak
    thanks blog nya
    setelah 5bulan tes psikotes tadi dpet tlp buat wawancara di PTI..ya Allah lamaaa bgtttttsss

    kasih kisi" dong ka biar ga grogi😁

    ReplyDelete
  49. Hai ka rizka, alhamdulillah saya keterima juga di paragon dan mulai masuk pertgl 22 juli. Untuk bisa menggunakan mess bagaimna yah ka tata cara daftarnya atau hrs menghubungi siapa. Makasihhh :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba maaf nimbrung. Apakah udh ada kejelasan bagaimna cara pakai mess kantor? Soalnya saya ini sedang bingung. Terimakasih mba

      Delete
  50. Hi temen2. Aku kemarin terakhir tes interview psikolog 26 juni 2019. Katanya suruh nunggu 2 minggu untuk pengumuman selanjutnya. Sekarang sudah 2 minggu, tapi saya masih belum dapat info terkait hasilnya. Apakah aku kali ini ga beruntung atau ada kemungkinan molor pengumumannya?

    ReplyDelete
  51. Kak mau tanya, kan ini saya dapat sms psikotes dari PTI nah itu di sms cuma disuruh bawa pensil 2B, HB, pulpen, dan penghapus. Nah yang ingin sya tanyakan, waktu tes itu apa perlu bawa berkas" lain ???seperti surat ket tidak bita warna ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales sekarang... mudah mudahan bisa menjawab jika ada pertanyaan yang mirip ke depannya. tidak perlu bawa berkas apapun ya selama memang tidak diperintahkan untuk bawa :)

      Delete
  52. Keren kak aku juga nunggu hasil psikotes lengkapnya sekitar tanggal 27 juli besok diumumin moga aja bisa jadi bagian dari paragonian.
    Semangat terus💪💪💪💪

    ReplyDelete
  53. Keren kak aku juga nunggu hasil psikotes lengkapnya sekitar tanggal 27 juli besok diumumin moga aja bisa jadi bagian dari paragonian.
    Semangat terus💪💪💪💪

    ReplyDelete
  54. Dapat sms lolos tahap psikotes lengkap tanggal 6-7 padahal jawaban saya kemarin asal asalan,
    Saya asal makassar, semoga kita semua ditunjuki jalan yang terbaik

    ReplyDelete
  55. Kak aku besok senin psikotes di paragon setelah kurleb 3 bulan lamar via pos dan email. Doain ya kak. Supaya bisa bergabung di PTI seperti kakak.

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum kak.. aku tgl 19 agustus kmrn baru aja selesain tahap psikotest lengkap.. dan katanyaa sih di kabarin lagi 1 bulan. Pas baca blog kakak jd ikutan seneng dan nambah semangat. doain ya kak Semoga bisa jd paragonian yaaa kak seperti kakak😊😊

    ReplyDelete
  57. Btw kalo boleh tau kalo tesnya langsung dipusatnya itu gimna ya ka?
    Doakan saja semoga besok tahap satu lancar amin, salam kenal ka

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum mbak. Maaf ingin bertanya, semoga berkenan menjawab.
    Saya kemarin Agustus 2019 tes psikologi di paragon, tetapi tidak lanjut. Kemudian saya mendapat panggilan untuk lowongan yang lain di paragon untuk September ini. Kebetulan saat melamar saya memang sama sekali belum mengikuti tes paragon.
    Yang ingin saya tanyakan, bolehkah saya mengikuti tes yang berdekatan ini? Karena di CV dituliskan bulan terakhir mengikuti tes paragon.
    Maaf bertanya seperti ini, karena lokasi saya cukup jauh dengan tempat tes. Saya takut kalau didiskualifikasi karena melakukan tes paragon pada tanggal yang berdekatan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kamu belum menjadi karyawan paragon, sah sah aja kok ikut tesnya :)

      Delete
  59. Kak apakah kalo keterima di PLDP trainingnya juga barengan sama yg keterima di MT? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kamu keterima biasanya langsung on job training dear selama 3 bulan... jadi ga ada istilah training khusus gitu.. learning by doing aja :)

      Delete
  60. Halo kak, maaf mau tanya untuk pekerjaannya lebih kompleks MT HCO ya daripada PLDP HCO? Kira-kira perbedaan yang paling mencolok dari 2 posisi itu apa ya kak? Terimakasih sebelumnya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kompleksnya dua duanya. kamu nya lebih passion ke mana? kalau lebih suka menjadi konseptor, prefer MT, kalo eksekutor prefer pldp :)

      Delete
    2. Kak ada tes gambar warteg, pohon dn org ga ya heheh

      Delete
  61. Perimisi saya ingin bertanya, pada saat wawancara baik dengan hrd ataupun user, bahasa yang digunakan apa ya? bahasa inggris atau indonesia? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa indonesia kok. tapi gapapa sih dikit di mix pake istilah bahasa inggris, keliatan lebih wow aja hehe

      Delete
  62. Permisi kak mau tanya. Kak biasanya jangka waktu panggilan interview dari psikotest lengkap itu berapa lama ya untuk bagian logisitik? Makasih kak, Semoga pekerjaan kakak makin lancar dan berkah untuk kakak.

    ReplyDelete
  63. Halo mbak, saya mau tanya kira-kira kalau ditanya gaji berapa yang diinginkan sebaiknya untuk fresh graduate gitu jawab berapa ya mbak? Jujur saya suka takut salah kalau mau jawab pertanyaan ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kapabilitas kamu sih dear, kamu nge 'harga' in diri kamu dan kinerja kamu berapa? hehe. tapi plis usahakan jangan jawab 'sesuai umr' atau 'seberapa yang dikasi perusahaan deh'. hindari yaa jawaban ky begitu

      Delete
    2. Kalo gaboleh bilang begitu sesuai dengan umr atay sebrapa dikasih perushaan, harus jawab apa kak?
      Jawab sesuai ketentuan aja gitu apa gimna kaa?? Pliss jawab ya kak

      Delete
  64. Sore kak,aku mau nanya nuh..berarti klo misalkan tes awalnya diluar kota,itu dibayarin juga nggak ya transportnya
    Makasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih tes awal ngga ya dear, yang dibayarin itu kalo interview user yaah dan interview direksi.. semangat :)

      Delete
  65. Assalamualaikum temen" apakah ada yang ikut tes di paragon unpar tanggal 23 september lalu sampai tahap psikotes lengkap, dan udah dapet panggilan untuk interview hco belum ?

    ReplyDelete
  66. Tugas pldp hco di dc apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku ngurus rekrutment, kamu ikut tes unpar ngga ?

      Delete
  67. Sangat inspiratif ceritanya mbak rizka, btw aku dapat kesempatan kedua dari paragon akhir bulan ini. Klo PLDP HCO apakah khusus untuk cewek mbak? Ditunggu cerita TbiG-nya hehe

    ReplyDelete
  68. wkwkwkkw willyyy hahaha ngakak akutuh wkwk nyebelin ih komennya wkkwk

    ReplyDelete
  69. Kak kenapa keluar dari pt pti ya?

    ReplyDelete
  70. maaf ka mau nanya, jika kita gagal tahap tes psikotes apakah ada jengka waktu tertentu di mana kita boleh ikut berpartisipasi lagi? karena ada beberapa perusahaan, misalnya BCA yang mana jika calon karyawan gagal mengikuti tes awal maka calon karyawan tsb baru boleh berpartisipasi lagi setelah 2 tahun masa waktu setelah tes terakhir dilakukan

    ReplyDelete
  71. maaf ka mau nanya, jika kita gagal tahap tes psikotes apakah ada jengka waktu tertentu di mana kita boleh ikut berpartisipasi lagi? karena ada beberapa perusahaan, misalnya BCA yang mana jika calon karyawan gagal mengikuti tes awal maka calon karyawan tsb baru boleh berpartisipasi lagi setelah 2 tahun masa waktu setelah tes terakhir dilakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh ikutan lagi kok dear selama emang ada buka lokernya

      Delete
  72. halo kakak mau tanya boleh mnt nomer wa atau medsos buat ngobrol2 tentang proses MT gak? Soalnya saya alhamduliah baru dapet offering dan masih proses buat cari tahu lebih tentang MTnya kak hehe

    ReplyDelete
  73. Kak untuk pldp kegiatan2 perusahaannya sama seperti mt ngga ya? Apakah kegiatan pldp promotion dan pldp hcm sama? Karena saya sering baca blog pldp promotion ada kegiatan induction dll

    ReplyDelete
  74. Hai kak, kalo posisi Field Controller itu termasuk PLDP juga bukan ya? Lalu apa yang membedakan Field Controller pada jenjang pendidikan SMA dengan S1? Kalo sekarang kita di posisi Field Controller apakah bisa ikut proses untuk PLDP bagian lain? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga penasaran sama ini, wkt tes jg di kelompok kan antara d3/s1 dan lulusan sma/smk?

      Adakah yg bisa bantun jawab?

      Delete
  75. terimakasih kak untuk tulisan inspiratifnya :).Doain aku ya kak, tgl 13/11/2019 nanti mau ikut tes di MIPA USU juga, semoga rezekinya bisa ngikut kayak kk:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, lanjut sampai tes di DC Amplas gak... Sdh ada panggilan lanjutannya blm mba..

      Delete
  76. Sangat menginspirasi blog nya mba.. Temen2 paragonian welcome bgt dlm menjelaskan segala proses rekrutmennya.

    Btw, temen2 yg ikut di USU tgl 14 nov kmrn, sdh ada yg dipanggil interview kah...

    ReplyDelete
  77. Kak mau tanya sh paragon itu bergerak dibidang apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. FMCG, tapi untuk sekarang lebih fokus ke kosmetik dan skincare.

      Delete
  78. Terima kasih sudah share hal yang berharga. Saya sudah menjalani seleksi sampai psikotes lengkap, disana ada 8 pelamar laki-laki. Saya tidak dipanggil wawancara, tetapi teman perempuan saya dipanggil, dan dia bilang tidak ada pelamar laki-laki ketika wawancara tsb. Kebetulan teman saya ini lulus, dan dia bilang di bagian administrasi semuanya perempuan. Saya sedikit bingung, karena syarat melamarnya boleh laki-laki dan perempuan yang diumumkan pihak paragon. Apakah laki-laki memang tidak ada yang bekerja di bagian admin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok admin yang laki laki.. mungkin rejekinya di lain kesempatan :) tetep semangat ya !

      Delete
  79. setelah tes psikotest, saya langsung tahap training harian lepas. apakah itu untuk outsorching apa karyawan untuk kedepannya? mohon jawabannya 🙏

    ReplyDelete
  80. pt Paragon PT yg baik . Karyawan nya ramah tamah kompak baik baik . Saling menghargai intinya bisa bergabung di PT paragon rezeki yg baik yg di berikan Allah .

    ReplyDelete
  81. Hey Kaka . Aku hari ini i terviuw PT Paragon di BA Emina nih . Doa in ya mudahan keterima

    ReplyDelete
  82. halo kak, biasanya kalau udah lebih dari 1 minggu setelah interview user kalau belum dapat kabar tandanya tidak keterima ya?

    ReplyDelete
  83. Hallo kak, apakah jika belum lulus/mahasiswa semester akhir boleh mendaftar?

    ReplyDelete
  84. Halo kakk, seperti yang kakak bilang bahwa awalnya kakak ikut recruit di CDO dan ternyata keterima di HCO. Itu waktu kapan ya kak dibilanginnya kalo kakak akan dimasukkan ke HCO? Terimakasih

    ReplyDelete
  85. Halooo kak makasih kak artikelnya bener bener ngebantu, jadi tau kedepannya mau gimana :) alhamdulillah aku dapat info kalo lolos ke interview user. Aku boleh tanya kak? Kalo setelah interview user pasti keterima atau ada yang ga keterima juga? Makasih kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ka, mau nanya di recruitmen PT. Paragon di suruh nyantumin nilai rata rata minimum matimatika, apa saya nyantumin nilai rata rata rapot saya ataukah saya nyantumin nilai un saya ?

      Delete
    2. jika belum ada email offering, masih ada kemungkinan belum lolos dear

      Delete
  86. Kak ada ig nya ga soalnya id instragran yg itu aku search gabisa. Makasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama... pengen tau kontak ignya boleh ngga kak?

      Delete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. kak mau tanyaa kalau internship disana di paid ga ya? trimakasii

    ReplyDelete
  89. Dear Kak Rizka, senang sekali bisa menemukan tulisan Kakak di Desember 2020. Terimakasih sudah berkenan berbagi cerita dengan kami. :) Saya baru saja mendapat email untuk mengikuti tes tahap 1. Saya melamar posisi MT-Product Innovation and Development dan juga Product Manager. Mohon doanya semoga ini bisa jadi rejeki saya juga yaaa. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana kak untuk tes nya? Apakah bisa sharing tipe soalnya seperti apa?

      Delete
  90. Salam kenal, kak :)
    Kak proses rekrutmen ini kan lama yah. Semisal lupa dulu lamar posisi apa, gimana yah, saya cek di profile rekrutmen tidak ada juga datanya 😂🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak aku dapet test juga tapi lupa daftar posisi apa jadi gimana ya:(

      Delete
    2. Aku test hari ini juga dan lupaaa bgt daftar posisi apa gimana ya:(

      Delete
    3. Hi. Gimana hasil tes nya. Aku dapat email untuk test online tahap 2 tanggal 6 besok. Ada 2 kali test. Masih bingung test nya seperti apa ����

      Delete
  91. Salam kenal Kak,
    Kak minta info mengenai kondisi dan fasilitas mess perempuan di paragonnya kak. Bisa jd pilihan supaya dkt ke paragonnya

    ReplyDelete
  92. Hallo kak, saya mau tanya secara personal mengenai PLDP dan MT di Paragon, adakah nomor yang dapat saya hubungi? Terima kasih

    ReplyDelete
  93. Wah beruntung sekali kak, yang baca jadi ikut terharu hehe
    Semoga aku bisa dapat kerja kaya kakak, aamiin

    ReplyDelete

i am a part of Mahkamah Agung RI now!

Halloo guys, long time no talk here.sumpah kangen banget nulis di blog uhhh karena setahun belakangan ini emang hidup aku emang penuh lika l...